MASIGNCLEAN101

KONEKTOR JARINGAN KOMPUTER

KONEKTOR JARINGAN KOMPUTER
9/30/2016

Konektor Jaringan Komputer-- Konektor pada jaringan komputer berfungsi untuk penghubung antara perangkat satu dengan perangkat lainnya. Konektor yang digunakan pada kabel berbeda-beda.Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan berikut.
Konektor pada jaringan komputer memiliki beberapa macam konektor yaitu :



1. Konektor Pada Twisted Pair


 Anopai.blogspot.comTwisted pair adalah kabel yang memiliki bentuk fisik berupa pasangan dari kabel yang berlilitan satu dengan lainnya. Kabel ini menggunakan Konektor RJ 45 dan RJ 11. Konektor RJ45 adalah konektor yang biasa dipergunakan dalam instalasi jaringan kecil (LAN) dimana kabel yang digunakan adalah kabel twisted pair tipe UTP.

Konektor ini berfungsi untuk menghubungkan kabel UTP dengan NIC yang mana kini port yang dipergunakan kebanyakan adalah port RJ45.Harga konektor yang terjangkau, dan pemasangan yang mudah membuat konektor ini populer5 di kalangan pengguna jaringan berskala kecil atau LAN.

Konektor RJ 11 adalah konektor yang dipergunakan dalam jaringan telepon. Konektor ini biasanya disandingkan dengan kabel STP.


2. Konektor Pada Kabel Coaxial

Kabel coaxial adala jenis kabel yang terdiri dari kawat tembaga, yang dilapisi oleh isolator,konduktor dan pada luarnya ada pelindungnya. Untuk jenis Kabel ini menggunakan jenis Konektor BNC (Bayonet Neil Concelman ).

Adapter-adapter dengan tipe berbeda tersedia untuk konektor BNC, termasuk konektorT,konektor barrel, dan terminator. Konektor pada kabel merupakan titik terlemah di jaringan.


BNC RG 59


Connector BNC ini adalah Konector yang digunakan sebagai penghubung antara kabel dengan perangkat CCTV baik monitor, DVR, maupun Camera. Connector ini khusus dipergunakan untuk kabel CCTV jenis RG59. Konektor ini merupakan terminasi yang dianjurkan oleh para ahli dan banyak dipakai oleh pemilik rumah / bangunan dalam instalasi CCTVnya.


BNC RG 6


Connector BNC ini adalah Konector yang digunakan sebagai penghubung antara kabel dengan perangkat CCTV baik monitor, DVR, maupun Camera. Connector ini khusus dipergunakan untuk kabel CCTV jenis RG6. Konektor ini merupakan terminasi yang dianjurkan oleh para ahli dan banyak dipakai oleh pemilik rumah / bangunan dalam instalasi CCTVnya.


BNC to BNC



Connector BNC ini adalah Konektor yang digunakan untuk merubah BNC menjadi RCA yang akan dihubungkan ke Monitor atau ke TV. Konektor ini merupakan terminasi yang dianjurkan oleh para ahli dan banyak dipakai oleh pemilik rumah / bangunan dalam instalasi CCTVnya.


3. Konektor Pada Kabel Fiber Optic (Serat Optik)

 anopai.blogspot.com 
Kabel Fiber Optik menggunakan jenis Konektor SC dan ST. Konektor SC adalah jenis konektor yang digunakan untuk jenis kabel single mode dengan akurasi yang tinggi untuk menghubungkan kabel dengan transmitter maupun receiver.

Sedangkan Konektor ST adalah jenis konektor yang digunakan dalam jenis kabel single mode dan bisa dilepas pasang.Konektor ST,bentuknya persegi dan lebih mudah dihubungkan ke area yang ditentukan.

Nah sekarang sobat sudah tau kan jenis konektor yang biasa digunakan pada kabel jaringan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.
Share This :
anopai