MASIGNCLEAN101

TOPOLOGI RING (Cincin)

TOPOLOGI RING (Cincin)
9/30/2016
topologi ring
Topologi Ring (cincin)
Topologi Ring--Topologi Ring atau cincin adalah topologi jaringan dimana setiap node terhubung ke dua node lainnya,sehingga berbentuk alur cincin. Topologi Ring menghubungkan komputer di lingkaran tunggal kabel. 

Topologi ini berbeda dengan topologi bus Baca juga  Topologi Bus  , Topologi cincin ini tidak ada ujung dihentikannya. Sekitar loop dalam satu arah dan melewati setiap komputer yang dapat bertindak sebagai repeater untuk meningkatkan sinyal dan mengirimkannya ke komputer berikutnya.

Salah satu metode transmisi data sekitar ring disebut token passing. Pengertian Token adalah seri bit khusus yang berjalan di jaringan token ring. Setiap jaringan hanya memiliki satu token..) Token dilewatkan dari komputer ke komputer sampai mencapai komputer yang memiliki data untuk dikirim. Bawah angka menunjukkan topologi token ring dengan token. Komputer pengirim memodifikasi token, menempatkan alamat elektronik pada data, dan mengirimnya di sekitar ring.


Data melewati setiap komputer sampai menemukan satu dengan alamat yang sesuai dengan alamat pada data. Komputer yang menerima kembali pesan ke komputer pengirim yang menunjukkan bahwa data telah diterima. Setelah verifikasi, komputer pengirim membuat token baru dan mengalirkannya pada jaringan.
.Mungkin kelihatannya bahwa token passing akan memakan waktu yang lama, tapi token sebenarnya bergerak kira-kira pada  kecepatan cahaya. Sebuah token dapat mengelilingi ring berdiameter 200 m sekitar 477.376 kali per detik.


Kelebihan :

Ada beberapa kelebihan yang dimiiki topologi token ring :
  1. Cenderung mudah dirancang karena tidak banyak peralatan tambahan.
  2. Akses data lebih baik daripada topologi bus, termasuk untuk data yang besar.
  3. Mudah dalam proses konfigurasi.
  4. Karena proses pengiriman data yang melalui satu jalur maka collision bisa lebih dihindari.
  5. Hemat Kabel.    
Kekurangan :

Beberapa Kekurangan/kelemahan topologi ring :
  1. Lebih sulit dikonfigurasi daripada Topologi Star.
  2. Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandles.
  3. Proses pengembangan lebih sulit
  4. Jika ada salah satu node yang mengalami gangguan maka seluruh jaringan akan ikut terganggu, namun ini dapat diatas dengan menggunakan dua jalur cincin. Yang artinya diperlukan sebuah perangkat yang bertugas sebagai pusat jaringan.

Itulah penjelasan tentang Topologi Token Ring atau yang biasa kita sebut dengan topologi cincin. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share. Terima kasih 
Share This :
anopai