MASIGNCLEAN101

TIPE - TIPE JARINGAN KOMPUTER

TIPE - TIPE JARINGAN KOMPUTER
9/30/2016
Tipe-tipe jaringan komputer -- Hello sobat ketemu lagi deh kita, sekarang kita akan membahas tentang tipe-tipe jaringan komputer. Apa saja seh tipe-tipe jaringan itu sobat? Oke kita simak penjelasan berikut.

TIPE - TIPE JARINGAN

     Tipe jaringan secara umum dibagi menjadi 2 bagian yaitu Peer to Peer dan Client Server. Perbedaan yang paling mendasar diantara dua tipe jaringan tersebut adalah pada client-server terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai server yang melayani client-client yang lain.

Sedangkan pada peer to peer tidak ada komputer yang secara khusus didedikasikan sebagai server ataupun client, setiap komputer bisa bertindak sebagai client ataupun server.


1. JARINGAN PEER TO PEER

     Peer to peer adalah jarungan dimana komputer bertindak sebagai server, sedangkan komputer yang lainnya sebagai client. 

Image result for gambar jaringan peer to peer
 Adapun Kelebihan yang dimiliki jaringan peer to peer :
  1. Biaya operasional relatif lebih murah 
  2. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, maka jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
  3. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti hardisk, drive, fax/modem, printer, dan lain sebagainya.
Sedangkan untuk Kekurangan yang dimiliki sebagai berikut :
  1. Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada.
  2. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user
  3. Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut.

2. Jaringan Client - Server 

     Jaringan client - server adalah jaringan dimana salah satu komputer bertindak sebagi server, sedangkan komputer yang lain sebagai client. Client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. 

Server di jaringan tipe ini disebut dengan dedicated server karena server di sini murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation (client). 

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam suatu jaringan.
 
Image result for gambar jaringanclient server 
Kelebihan Jaringan Client - Server
  1. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
  2. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.
  3. Sistem backup data lebih baik.

Kekurangan Jaringan Client - Server
  1.  Biaya operasional relatif lebih mahal.
  2. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
  3. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
Share This :
anopai