MASIGNCLEAN101

TOPOLOGI MESH

TOPOLOGI MESH
9/29/2016
Topologi Mesh-- Topologi Mesh adalah sebuah bentuk Topologi Jaringan dimana setiap node terhubung langsung dengan node lain pada jaringan. Hingga membentuk rangkaian menyerupai jala / jaring. Topologi ini memang didesain untuk memiliki restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan denga dukungan perangkat lunak/software.

Karena setiap node terhubung secara langsung dengan node yang lain maka ketika akan berkomunikasi setiap node tidak memerlukan perantara atau biasa disebut dedicated links.


  


Karakteristik Topologi Mesh 

 Topologi ini memiliki beberapa karakteristik yaitu :

  1. Banyaknya Kabel yang digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan node lain dalam jaringan.
  2. Setiap node setidaknya memiliki lebih dari 2 Port Input/Output.
  3. Konfigurasi setiap node yang berbeda dalam berkomunikasi.

Kelebihan Topologi Mesh 

Beberapa kelebihan topologi mesh :
  1. Setiap node memiliki jalur dan aturan tersendiri dalam berkomunikasi maupun berkirim data dengan node lain maka collision dapat dihindari.
  2. Setiap komputer terhubung secara langsung maka proses pengiriman lebih cepat.
  3. Terjadi gangguan antara komputer A dan komputer B. Komputer lain tidak akan merasakan gangguan yang sama, baik terhubung pada komputer B maupun Komputer A atau biasa disebut Robust.  

Kekurangan Topologi Mesh 

 Beberapa kekuranga topologi mesh :

  1. Boros dalam hal penggunaan kabel serta Ports I/O. Karena semakin banyak komputer yang ada dalam jaringan maka semakin banyak pula kabel yang harus ditambah pada setiap komputer.
  2. Setiap komputer memiliki aturan komunikasi sendiri-sendiri maka dalam hal instalasi dan konfigurasi menjadi lebih rumit.
  3. Banyaknya kabel yang digunakan maka topologi ini mengharuskan adanya space yang cukup lebar untuk membangun Topologi ini. Serta Proses perawatan yang lebih menyita waktu maupun biaya.   
 
Share This :
anopai